Skip to main content

Posts

Showing posts from 2015

Struktur Geologi (Tugas Tektonofisik)

Struktur Geologi Muhammad Andry Pratama , Khairul Reza Ananda, Rijalul Haq, Adrian Nurhadi Department of Mining Engineering, Faculty of Engineering, Syiah Kuala University
Abstrac
Since several centuries ago scientists have described about the formation of the continent which is known as Continental Drift . The term describes the symptoms of movement of the continent which has now been studied in the science of geology .
In geology are part of the branch that studies of changes in rocks that occur as a result of tectonic processes and other processes called Structural Geology . The geological structure of explaining the folding system , muscular system , muscular system and other.

Pergerakan Konvergen Divergen dan Transform (Tugas Tektonofisik)

Pergerakan Konvergen Divergen dan Transform
M. Rizki Mufty, Aufaz Zihni, M. Haris Maulana Putra, Muhammad Jehan
Department of Mining Engineering, Faculty of Engineering, Syiah Kuala University, Banda Aceh
Abstract The earth on which we live is a planet that has a history of dynamic formation and has lasted for approximately 4.56 billion years with the discovery of the oldest rocks 4.3 billion years old. For billions of years, the Earth continues to change pretty extreme to this day and finally we can live comfortably on top along with other living beings. Even today, the earth still continues to change. Changes caused by various factors, both factors conducted by the earth itself and caused by the activities of living organisms, or as a result of the things that come from outside the Earth. One factor that is carried by the earth itself is due to tectonic plate movement (movement of divergent, convergent and transform).

Pergerakan Lempeng Tektonik : Orogenesa (Tugas Tektonofisik)

Pergerakan Lempeng Tektonik : Orogenesa
Ari Hardiansyah, Firman Isnan, Muhammad Fadhil dan M. Ilman Rasyad Department of Mining Engineering, Faculty of Engineering, Syiah Kuala University, Banda Aceh Abstrak Orogenesis, the process of mountain building, occurs when two tectonic plates collide – either forcing material upwards to form mountain belts such as the Alps or Himalayas or causing one plate to be subducted below the other, resulting in volcanic mountain chains such as the Andes. Integrating the approaches of structural geology and metamorphism, this book provides an up-to-date overview of orogenic research and an introduction to the physico-chemical properties of mountain belts. Global examples are explored, the interactioning roles of temperature and deformation in the orogenic process are reviewed, and important new concepts such as channel flow are explained. This book provides a valuable introduction to this fast-moving field for advanced undergraduate and graduate students…

7 Manusia Harimau di Sabang

Mau tau kenapa judulnya begitu? Baca sampai habis ya :)
2 bulan yang lalu aku dan teman-teman berliburan ke pulau paling barat di Indonesia, pulau Weh atau yang lebih dikenal dengan nama pulau Sabang (padahal Sabang adalah nama kotanya bukan pulaunya).

Perjalanan ke pantai Lhok Mata Ie

Tanggal 22 Mei, Sabtu lalu aku akhirnya punya kesempatan untuk pergi ke pantai Lhok Mata Ie. Dulu waktu masih SMA aku gak ikutan sama kawan-kawan SMA-ku, karena waktu itu almh. Nenek lagi sakit dan rasanya gak enak kalo ninggalin rumah untuk main-main sementara di rumah ada anggota keluarga yang sakit. Akhirnya teman-teman SMA ku pergi dengan riang gembira dan aku hanya berdiam diri di dalam rumah dan besoknya cuma bisa mengelus dada sambil ngeliat foto-foto mereka di sana.

Lhok Mata Ie itu apa sih? Di Aceh ada buaanyak pantai yang bagus, elok, indah, luar biasa Subhanallah. Tapi kebanyakan dari pantai itu lokasinya tersembunyi dan belum terjamah seperti pantai Lange yang pernah aku cerita di sini.
Nah, Pantai Lhok Mata Ie ini adalah salah satu pantai yang lokasinya tersembunyi itu, baru nge-booming di tahun 2013 dan pengunjungnya masih tidak terlalu banyak, kebanyakan adalah yang emang suka jelajah dan bikin kemah. Sampai akhirnya tahun 2015 ini pergi ke Lhok Mata Ie udah jadi hal y…

Perjalanan ke Bukit Jalin

Kemarin, hari Minggu tanggal 22 Maret 2015 aku dan teman-teman ngopiku pergi ke Kota Jantho. Tepatnya kami pergi ke Bukit Seumeureugui, di Desa Jalin, Jantho, Aceh Besar atau yang sering orang bilang 'Bukit Jalin'.
Kami pergi bertujuh, yaitu Aku, Yudi, Kepo, Bocil, Ewe, Bedul, dan Dodi.

Sebelumnya sudah ada keinginan untuk pergi ke sana sejak libur semester lalu, yaitu sejak berseraknya foto-foto keren di Instagram dengan lokasi Bukit Jalin. Namun karena terus-terusan menunda akhirnya barulah kemarin kami jadi pergi.

Kami janji ngumpul di Warkop Cut Nun, Lampineung pukul 10.00 pagi. Tapi apa daya, budaya telat sudah tertanam sejak dini. Akhirnya kami baru terkumpul semua pukul 12-an. Tepat 12.30 kemudian barulah kami tancap gas menuju Jantho.

Banda Aceh ke Jantho kemarin memakan waktu kira-kira 50 menit, itu pun udah termasuk berhenti isi bensin dan isi angin ban motor. Tapi baru beberapa menit berjalan dari gerbang Jantho, eh tiba-tiba ban motor kerasa aneh.
"Ki, kayakn…

Cerita Panjang Kuta Malaka

Akhir-akhir ini di kalangan muda-muda Aceh, terutama yang tinggal di daerah Banda Aceh dan sekitarnya pada heboh dengan yang namanya Kuta Malaka. Semuanya seperti berlomba-lomba untuk pergi ke sana, ada yang sekedar ingin melihat pemandangan indah dari puncaknya, ada yang ingin merasakan segarnya air terjun bertingkat-tingkatnya, dan ada pula yang cuma sekedar ingin foto-foto buat dimasukin ke Instagram trus bikin hastag #adventure.

Dan berhubung aku lagi gak ada kerjaan, mending aku ceritain aja pengalaman kesana ya.

Aku sudah 2 kali mengunjungi lokasi yang akrab disapa 'Kuta Malaka' ini. Lokasinya ada di Samahani, Aceh besar. Pengalaman pertama pergi ke sana adalah pada bulan Agustus tahun 2014 lalu. Aku pergi dengan teman-teman ngopiku yaitu Yudi, Bocil, Rayyan, Alam, Hakim, TM, dan Humam. Pengen ke sananya udah lama, sejak bermunculan foto-fotonya di Instagram yang di posting oleh mereka-mereka yang udah duluan pergi. Tapi terealisasi buat berangkatnya itu.... agak lama, …

Suka-duka Stand Expo Engineering 14

Tanggal 27-30 November 2014, yang bisa dibilang tahun lalu, ada acara expo engineering di kampus. Jadi tiap-tiap jurusan pada nyiapin sesuatu untuk ditampilkan di stand jurusan masing-masing. Nah, untuk jurusan-ku sendiri, yang jadi panitia buat mengurus stand nya adalah anak tahun 2014, yaitu kami yang masih imut-imut dan lugu ini.