Suka-duka Stand Expo Engineering 14

Ladies and Gentlemen, this is rizkimuft! (Wearing a safety jacket for miners)
Tanggal 27-30 November 2014, yang bisa dibilang tahun lalu, ada acara expo engineering di kampus. Jadi tiap-tiap jurusan pada nyiapin sesuatu untuk ditampilkan di stand jurusan masing-masing. Nah, untuk jurusan-ku sendiri, yang jadi panitia buat mengurus stand nya adalah anak tahun 2014, yaitu kami yang masih imut-imut dan lugu ini.

Baru aja jadi mahasiswa dan baru aja masuk ke dunia 'kemahasiswaan' eh udah disuruh ngurusin stand. Sontak semua pada bingung, ga ada yang punya gambaran bakal gimana stand nya, bakal gimana acaranya, apa aja yang perlu dipikirin, dan sebagainya. Semua ini karena kami para mahasiswa imut nan lugu ini belum pernah pergi ke acara expo engineering sebelum-sebelumnya, jadi gak punya bayangan jelas tentang standnya gimana. Tapi ya tetap aja didepan abang-abang dan kakak-kakak senior yang ganteng nan cantik itu kami belagak ngerti, sok sok "beeeres bang!"

H-30an kami udah dikasi tau bakal ada acara ini dan udah diceritain juga gimana stand-stand tahun lalu, tapi ya namanya juga manusia yang tidak sempurna dan suka menunda-nunda kewajibannya, jadilah kami abaikan tentang stand itu sampai tiba-tiba udah H-14 kami sibuk bikin maket di rumahnya Ayu.
Jadi sebelumnya kami udah bagi-bagi tugas. Ilman sang komting (komisaris leting/ alias ketua angkatan di jurusan) yang punya paras kayak ngejak orang berantam jadi ketua panitia, Yudi yang jabatannya wakil komting jadi wakil ketua panitia, Oci dan Fithri jadi bendahara, Alief (fyi: cewe) dan aku yang dikasi tanggung jawab untuk dekorasi dan maket.
Papan Nama Jurusan dari Sterofoam
Jadi H-14an kami udah nyusun rencana apa aja yang perlu ditampilkan. Aku punya ide buat bikin maket 3in1, dimana maket 1 adalah bagian Explorasi (masih hutan lebat), maket 2 udah Exploitasi (udah jadi pertambangan), maket 3 adalah Reklamasi (penanaman kembali). Dan alhamdulillah ide itu diterima oleh semuanya. Jadilah kami ngehabisin waktu di rumah Ayu selama 2 minggu lebih untuk nyelesaiin maket tersayang ini.

Karena nama Ayu udah aku sebut 2 kali, jadi aku ceritain dikit tentang Ayu. Ayu ini teman kami di Pertambangan juga, dia berasal dari Meulaboh (bukan Melbourne), tujuannya datang ke Banda Aceh sangatlah mulia, yaitu belajar yang rajin dan lulus dengan IP tinggi sambil pacaran. Asli, si Ayu bentar-bentar asik sama pacarnya yang sama-sama dari Meulaboh juga, kadang-kadang kami malah ngerjain maket tanpa ada Ayu di rumahnya, si Ayu lagi pacaran sama pacarnya yang namanya adalah sesuatu yang dimulai dari A dan diakhiri dengan imbuhan '-baby'. Indahnya masa muda.
Ini Alief (cewe) lagi bobok cantik di atas koran bekas
Bikin maket itu lumayan seru dan mengasikkan, terutama bagi kami-kami yang seperempat jiwanya pengen masuk arsitektur. Lagi asik-asiknya meras-meras busa dengan air cat hijau supaya jadi warna pohon, tiba-tiba aku sadar tanganku jadi hijau semua. Semua. Waktu itu kami hanya bertiga, suasananya mendung sepi. Aku terdiam, Alief terdiam ngeliatin aku diam, Ghiffari diam gamau ketinggalan juga. Tiba-tiba suara itu muncul... "Buuumiii...?", suara ala alien-alien kangen bumi. Itu suaraku, yang agak ditinggikan dan sedikit ditarik kedalam terus terus yak sikit lagi op op. Loh? kok malah jadi tukang parkir-_-.
Lalu semuanya terheran-heran dan melanjutkan kembali pekerjaan.

2 minggu kami kerja, kami berhasil menghasilkan 1 buah papan nama yang terbuat dari sterofoam yang aku kasi nama "Papan Nama Jurusan dari Sterofoam", terus 1 buah orang-orangan dari triplek buat photobooth gitu, terus maket ukuran 2x1 meter yang terbagi 3 dan terakhir ribuan gulungan koran buat gapura gua. Lumayan kan? 14 hari bisa hasilnya segitu, kami berencana buka usaha kerajinan tangan sekalian.
Ini cat, kuas, dan tripleks yang kami pakai

Hari H tiba, semua barang yang kami buat udah ditaruh pada tempatnya dan hasilnya Wow. Tugas dekorasi selesai, saatnye menikmati acara sambil makan es krim yang bentuknya kayak tai. *joget* Sekarang tugasnya teman-teman yang lain buat ngejagain stand dan harus bersedia dengan tulus hati untuk menjelaskan tiap-tiap apa aja yang ditanyaiin sama pengunjung. wkwk. Aku yang otaknya agak lemot ini mana bisa tugas yang begitu hehe
Di hari ke 3 acaranya, si Adrian bocah dari Padang dapat tugas ngejagain stand lagi. Pandangan aku terhadap si Adrian langsung berubah waktu dia ngejelasin tentang maket pertambangan yang udah kami buat dengan sangat-sangat detil jelas dan sangat kedengarannya pintar. hahaha. Aku yang bikin maketnya aja gak ngerti apa yang di bilangnya. adooh... terus tau-tau si Adrian ini ngebawa-bawa peliharaannya ke stand. Ya gakpapa sih kalo peliharaannya itu Kucing atau Marmut kek.. eh ini peliharaannya ULAR. yak ular sodara-sodaraaaa..ularnya jinak sih, tapi tetap aja geli kan liatnya. Parahnya abang-abang yang parasnya ala-ala security eh pada kabur semua waktu ngeliat si ular ini.
Si Ular lagi jalan-jalan di atas Maket Reklamasi
Acara kemudian di tutup malamnya, acara penutupan itu ada band-band trus ada pengumuman-pengumuman pemenang lomba-lomba selana acara. Jurusan kami sendiri cuma ngikutin lomba akustikan dan lomba stand terbaik aja. Lomba Akustikan di ikutin sama Jehan si vokalis, Ozul drummer ketok-ketok kajon, Ariq gitar dan Adi juga gitar serta suara 2 nya. Pempilan mereka aku akui keren, mari beri tepuktangan.
Waktu pengumuman lomba akustikan, si jehan duduk di sebelah aku, mukanya pucat harap-harap cemas dan sayangnya gak menang, yang menang adalah jurusan elektro yang oke aku  akui emang keren bawain lagunya.
Kemudian saatnya pengumuman stand terbaik, aku sok cool aja sok gak berharap menang yekan. Dan yang menang adalah... Geofisika. Sedih, tapi sok cool aja hehehe. Lusanya aku ketemu sama pak ketua jurusan, trus dia kasi selamat buat kami karena stand kami dapat juara 2 tapi sayangnya gak diumumkan. Entah itu cuma bahan hiburan dari bapak kajur atau emang beneran juara 2. Tapi setidaknya lumayan lah hati gak terlalu kecewa. Soalnya berat bro tiap malam kerjain dekor dan maket, ninggalin kasur empuk di kamar sendirian :')

Nah kayaknya lumayan panjang udah aku bercerita, demikian, salam! ;) Maaf saya tidak peduli EYD saat bercerita lepas. wkwk

Comments

  1. terimakasih banyak
    info yang di share sangat menarik
    dan bagus

    ReplyDelete
  2. Gaya ceritanya bagus, menyegarkan otak, berbakat jadi penulis cerpen. Selamat mendapat juara 2.

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentari



Pilih pada pilihan profil:

1. Name/Url jika tidak memiliki akun blogger.

2. Anonymous jika ingin memberi komentar dengan merahasiakan identitas.

3. Google Account jika kamu juga punya blog.

Popular Posts