Skip to main content

Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Guru biologi aku itu sukaaa sekali kasih tugas.... terutama tugas yg musti diketik... dibawah ini adalah tugas biologiku waktu masih semester satu... aku posting ke sini karena mungkin bisa berguna buat seseorang... heheh... semoga bermanfaat ya...

_______________________________________
Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup


A. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan dan Perkembanganmerupakan hasil interaksi antara faktor dalam dan faktor luar.

1. Faktor Dalam
Adalah faktor yang terdapat didalam tubuh organisme. Faktor dalam yang merangsang pertumbuhan adalah :

a. Gen
Gen terdapat pada kromosom dan bertanggung jawab dlam pewarisan sifat melalui perkembangbiakan. Gen juga berperan sebagai pembawa kode untuk membentuk protein, enzim, dan hormon. Setiap sel hidup pada organisme akan mewarisi perangkat genetis dari induknya. Pola pertumbuhan dan perkembangan ditentukan oleh gen.

b. Hormon
Hormon mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Hormon pada tumbuhan disebut Fitohormon. Peran hormon tumbuhan adalah merangsang pertumbuhan, pembelahan dan pemanjangan sel. Contoh fitohormon antara lain auksin, giberelin, etilen, asam traumatin, dan kalin, pada manusia pertumbuhan atau sumototrof juga berperan penting dalam pertumbuhan. Orang yang kekurangan hormon ini akan menjadi kerdil, sealiknya orang yang kelebihan horomon akan menjadi pertumbuahan raksasa atau gigantisme.

2. Faktor luar

a. Lingkungan
Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup terutama tumbuhan sangat dipengaruhi lingkungan. Faktor lingkungan disini adalah faktor lingkungn fisik. Faktor lingkungan merupakan faktor eksternal. Faktor lingkungan yang berperan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan terutama adalah suhu, udara, cahaya, dan kelembapan.

b. Suhu Udara
Tumbuhan membutuhkan dan perkembangan yang baik setiap spesies tumbuhan umumnya memiliki suhu optimin yang berbeda-beda. Pada suhu yang Optimun suatu spesies tumbuhan mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan baik.

c. Cahaya
Cahaya mutlak dibutuhkan tumbuhan hijau untuk fotosintesis. Namun demikian cahaya merupakan faktor yang menghambat pertumbuhan pada tumbuhan. Hal ini karena cahaya akan menyebabkan zat tumbuh menjadi zat yang menghambat pertumbuhan.

d. Kelembapan
Sampai batas-batas tertentu tanah dan udara yang lembap berpengaruh baik terhadap perumbuhan tanaman. Hal ini karena air yang dapat dihisap oleh tanaman lebih banyak dan lebih sedikit air yang diuapkan sehingga menyebabkan pembentangan sel-sel.

B. Kesimpulan dari pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

Pertumbuhan adalah peristiwa perubahan biologis yang terjadi pada makhluk hidup barupa perubahan ukuran yang bersifat ireverisber. Ireverisbel adalah kembali ke asal. Perkembangan adalah proses tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna pada makhluk hidup.

C. Mendevinisikan Metamorfosis dan Metagenesis dan perbandingan Keduanya.
Metamorfosis adalah perubahan bentuk tubuh yang dialami oleh hewan (misalnya serangga dan katak) dari tehap larva hingga mencapai bentuk dewasa.
Metagenesis adalah makhluk hidup pergiliran generasi yaitu fase generatif (Seksual) dan Fase vegetatif (aseksual) secara bergantian. Perbandingannya Metamorfosis perubahan bentuk tubuh dari tahap larva hengga dewasa. Metagenesis mengalami pergiliran generasi yaitu fase generatif, dan fase vegetatif secara bergantian.

D. Dapat menjelaskan urutan perkembangan manusia : anak-anak, remaja, dewasa, manula.
- Masa anak-anak dimulai sejak lahir hingga remaja. Bayi sangat memerlukan ASI dua belas bulan sejak kelahiran. 6 bulan bayi tumbuh gigi susu seiring bertambah usia bayi belajar duduk, merangkak, berdiri, dan berjalan. Otaknya membesar bayi mulai bicara, umumnya bayi berjalan dan bicara usia satu tahun. Umur 3 tahun anak-anak mulai bicara kalimat pendek, belajar menggambar, membaca, dan menulis, bermain merupakan hal yang penting di kehidupan anak-anak. Usia 10 tahun anak-anak mulai mencari teman.
- Masa remaja (masa pubertas), pertumbuhan dan perkembangan manusia menjadi dewasa mengalami suatu tahap yaitu masa pubertas. Masa ini baik laki-laki dan perempuan menunjukkan pertumbuhan yang cukup berat. Badan bertambah tinggi, gemuk, dan organ kelaminnya sudah mampu menghasilkan sel kelamin yang matang. Pada masa pubertas akan tampak adanya tanda-tanda seks sekunder yang mudah diamati.
- Masa Dewasa. Secara biologis makhluk hidup disebut dewasa bila telah menghasilkan sel kelamin. Pada laki-laki ditandai dengan kemampuan testis untuk menghasilkan sperma. Pada perempuan ditandai dengan kemampuan ovarium menghasilkan sel telur.
- Masa manula. Manula atau manusia lanjut usia yaitu seorang yang telah lanjut. Biasanya organ-organ manula sudah melemah kemampuannya. Pada manula pigmentasi rambut terlihat memutih. Gigi mulai tanggal dan tidak akan tumbuh lagi. Kulit tampak keriput penglihatan mulai kabur. Pada manula, aktivitas reproduksi mulai menurun. Pada perempuan ovarium tidak dapat mengfhasilkan seltelur lagi, menstruasi tidak terjadi lagi. Pada laki-laki pembentukan sperma masih tetap terjadi meskipun menurun. Hal ini menunjukan perempuan manula reproduksi berhenti, sedangkan laki-laki manula masih terjadi.

E. Dapat menjelaskan ciri-ciri remaja yang mengalami pebertitas, termasuk pada wanita.
Pubertas ditandai dengan penampakan ciri-ciri seks sekunder. Ciri-ciri seks sekunder tampak pada remaja laki-laki maupun perempuan. Remaja laki-laki mengalami pubertas pada usia antara 12-16 tahun. Ciri-ciri seks sekunder pada laki-laki adalah suara yang menjadi besar, tumbuh kumis, tumbuh jambang, jakun, rambut pada ketiak, otot-otot mulai membesar (kekar), dan dada tampak lapang. Selain itu terjadi spermotogenesis. Spermotogenesis adalah proses pembentukan sperma atau sel kelamin laki-laki. Spermatogenesis terjadi didalam testis.
Remaja perempuan pubertas lebih cepat dibandingkan laki-laki. Ciri-ciri seks sekunder pada permpuan seperti payudara membesar, tumbuh rambut di ketiak, pinggul membesar, kulit lebih halus. Pubertas pada perumpuan ditandai dengan menstruasi (haid) yang pertama. Pada saat ini perempuan telah mengalami oogenesis. Oogenesis adalah proses pembentukan ovum (sel telur) atau sel kelamin perempuan. Oogenesis terjadi didalam ovarium (indung telur).

Comments

Popular posts from this blog

Pergerakan Konvergen Divergen dan Transform (Tugas Tektonofisik)

Pergerakan Konvergen Divergen dan Transform
M. Rizki Mufty, Aufaz Zihni, M. Haris Maulana Putra, Muhammad Jehan
Department of Mining Engineering, Faculty of Engineering, Syiah Kuala University, Banda Aceh
Abstract The earth on which we live is a planet that has a history of dynamic formation and has lasted for approximately 4.56 billion years with the discovery of the oldest rocks 4.3 billion years old. For billions of years, the Earth continues to change pretty extreme to this day and finally we can live comfortably on top along with other living beings. Even today, the earth still continues to change. Changes caused by various factors, both factors conducted by the earth itself and caused by the activities of living organisms, or as a result of the things that come from outside the Earth. One factor that is carried by the earth itself is due to tectonic plate movement (movement of divergent, convergent and transform).

Tes wawancara di SMA idaman. Plus tips.

Tanggal 25 Mei yang lalu, aku ikutin tes wawancara untuk penerimaan siswa baru di SMA 3.
Ya Allah.... Ngantrinya lama.... harus nunggu di panggil dari jam 8. Sementara aku itu siswa ke 46 di ruang wawancara itu.
Akhirnya aku dipanggil juga pas udah jam 10 lewat.

"M. Rizki Mufty, ada?" si Ibu Yang Mewawancarai (IYM) manggil ke arah kami semua yang ngantri. "Saya bu!" aku langsung duduk di kursi panas. Panas karena udah 40an orang duduk disini.

IYM : namanya M. Rifki Mufty?
Aku : M. Rizki Mufty bu... bukan Rifki...
IYM : oh.. yaya. Jadi, kamu dari SMP 1? (si IYM ngelirik ke simbol baju smp ku)
Aku : Iya bu...
IYM : Kenapa kamu memilih ke SMA ini? Kenapa bukan di SMA 1 yang ada di sebelah SMP kamu?


Tips : Kalo di tanya alasan memilih sekolah ini, jawablah dengan baik dan  pujilah sekolah tersebut dengan pujian yang masuk akal. Jangan jawab dengan jawaban yang aneh dan tak di mengerti, seperti : "Karena didekat sekolah ini ada yang menjual Pisang Goreng!".
Aku…

Contoh Penyimpangan sosial dalam masyarakat

Bulan puasa ini aku dapat tugas nyari Contoh-contoh penyimpangan sosial dalam masyarakat. Ini tugas IPS. karena Pr nya udah selese, maka di posting sini ajalah... kali aja berguna... dari pada disimpan di laptop selamanya, kan gak bakal betelor juga...

SELAMAT mngerjakan tugas!!!!


___________________________________________________________

Contoh Penyimpangan Sosial dalam Masyarakat

1. Penyimpangan Individual (Individual Deviation)

Penyimpangan individual merupakan penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang yang berupa pelanggaran terhadap norma-norma suatu kebudayaan yang telah mapan. Penyimpangan ini disebabkan oleh kelainan jiwa seseorang atau karena perilaku yang jahat/tindak kriminalitas. Penyimpangan yang bersifat individual sesuai dengan kadar penyimpangannya dapat dibagi menjadi beberapa hal, antara lain:

a. Tidak patuh nasihat orang tua agar mengubah pendirian yang kurang baik, penyimpangannya disebut pembandel.

b. Tidak taat kepada peringatan orang-orang yang berwenang di …