LAGP: Labschool Alumni Gathering Party


Tahun lalu aku ikut dalam kepanitian beberapa acara. Salah satunya adalah LAGP; Labschool Alumni Gathering Party. LAGP ini adalah acara reuni akbar SMA Labschool Unsyiah yang pertama, makanya kami selaku panitia secara *uhuk* asal milih tema “Where everything begins” untuk acara ini. Nama acaranya juga tau-tau aja dari yang awalnya cuma nama untuk sementara, eh akhirnya malah jadi nama tetap untuk dipake kedepannya.

Lah? Aku tahun lalu kan udah jadi alumni, kok malah jadi panitia lagi? Pada umumnya acara reuni akbar sekolah pasti diadain sama pihak sekolah, biasanya OSIS. Tapi berhubung ini adalah pertama kalinya dibuat di sekolah kami, akhirnya kami para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Labschool (waktu itu alumninya baru 6 angkatan) mutusin untuk susun kepanitian sendiri dan nanti dari OSIS akan kerja di beberapa hari sebelum dan pada hari H nya saja.
Ini logo acaranya~

Di acara LAGP kemarin, aku dikasih kehormatan buat jadi ketua Tim Kreatif alias Dekorasi. Kebetulan dulu waktu masa masih sekolah aku sering jadi anak dekor, beberapa kali jadi ketua juga. Nah, dalam waktu beberapa hari akhirnya aku hubungi para-para anak dekor yang udah jadi alumni di TIAP angkatan. Jadi kalo di film-film aku ini kayak orang yang ngumpulin bos-bos besar di tiap daerah untuk ngejalanin satu misi besar: Dekorasi.

Akhirnya terkumpullah kami; Aku, Zakia, Fasha, Feby, Sayed dari angkatan kelima; Kak Rita dari angkatan keempat; Bang Husnul, Kak Ririn, Kak Ecy dari angkatan ketiga. Awalnya ada abang dan kakak dari angkatan kedua dan pertama yang kami hubungi, tapi berhubung mereka sibuk dengan jadwalnya sendiri yaa sudahlah biar kami saja. Terus yang angkatan keenam juga masih sibuk dengan bimbel untuk masuk kuliah, jadi mereka belum kami libatkan dulu.

Jadi kami-kami inilah otak yang merubah konsep acara yang awalnya cuma acara ‘makan siang bersama alumni dan keluarga besar labschool’ jadi acara ‘fun run and gala dinner’. Proses kami ngerubahnya itu ga langsung berjalan mulus, para petinggi-petinggi alumni awalnya ga setuju dengan konsep kami ini. Katanya terlalu boros, ga mungkin kita bikin, sekolah ga akan setuju, dana alasan-alasan lainnya.

Aku juga awalnya mau nyerah aja dan ikutin apa maunya mereka aja, apalagi kalo anak dekor yang pergi rapat cuma aku dan teman seangkatan, kami mana berani ngomong aneh-aneh. Nah, mari kita bikin acara biasa-biasa saja di dalam aula, masak daging kambing, makan pake nasi ala kondangan dan duduk dikursi ala kondangan, semua kenyang dan semua senang.

Tapi, pas bicara sama anggota tim kreatif yang lainnya tentang konsep yang biasa saja itu, mereka tetap bersikeras supaya konsep yang kita mau bisa terwujud. Malah mereka udah mutusin ga akan berpartisipasi kalau konsepnya bukan seperti yang kami rencanakan. Ini kalo di film-film persis kayak adegan dimana beberapa bos yang nolak kerja sama karena tawaran kurang menarik. “Tenang aja, biar kami juga bicara sama mereka.” Kata mereka. *tsah... (suara angin berhembus, dedaunan terbawa angin).

Akhirnya kami mutusin semua anak dekor ini bakal hadir di rapat dengan ketua panitia dkk selanjutnya. Kami pun nyiapin senjata untuk menang.

Aku harus bikin rincian konsepnya pake slide dan bikin rincian dana seminim-minimnya supaya disetujui; kami pergi ke sekolah buat ngukur lapangan, ngukur parkiran, foto sana foto sini. Terus bang husnul yang kuliah di arsitek juga sampe bikin foto gambaran acaranya supaya mereka-mereka ini lebih mudah mengerti maksud konsep kami.

Hari rapat pun tiba dan semua anak dekor hadir. Aku mulai presentasi, satu per satu slide gambaran acara yang kami rencanakan dibuka. Kami yang anak dekor udah siap dengan komentar penolakan apapun dan kami bakal mempertahankan sedikit ego kami ini walaupun harus bersimbah darah. Maaf saya lebay.

Dan... Tak ada yang komentar menolak. Mereka terlihat suka dengan konsep kami, ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan, tapi sama sekali bukan komentar yang menolak konsep kami. Dan akhirnya FIX konsep kami diterima.

Beberapa minggu kemudian di bulan puasa kami panas-panasan pergi belanjan keperluan dekor. 2 minggu sebelum hari H akhirnya kami mulai kerja untuk atribut-atribut yang perlu dibuat. Disinilah kami mulai menggaet anak-anak dekor yang masih sekolah untuk ngebantu kami. Hari itu di dalam aula labschool, dipenuhi orang-orang yang nasibnya sama; “dekorasi”.

Dan tak terasa hari Sabtu, tanggal 25 Juli 2015 tiba. Ini adalah hari pertama acara LAGP ini, di hari ini acaranya adalah FUNRUN. Jadi kami para alumni, guru, dan murid semuanya lari pagi keliling kampus-kampus di Universitas Syiah Kuala (kebetulan sekolah kami ada di dalam perkarangan Unsyiah ini). Demi lancarnya acara lari ini aku juga sebelumnya saat nyusun konsep sampe keliling pake motor ngukur jarak lari ini, cuma 2,7 km. Pagi-pagi tadi sebelum acara mulai, kami tim kreatif harus nyiapin garis START, garisnya kami bikin pake kapur warna-warni di atas aspal dan ada baloon arch di atasnya suapaya nandain itu startnya. Dan di hari ini kami semua berlari, awalnya aku kira ga akan terlalu capek karena jaraknya ga terlalu jauh. Eh ternyata sampe ngos-ngosan juga haha. Sementara kami berlari, panitia yang dari OSIS bertugas, ada yang jadi medis, ada yang jadi pengawalan, selain itu kami juga di kawal dengan polisi.

Tak berapa lama akhirnya finish. Nah finishnya ini juga idenya tim kreatif, kami bikin sebuah terowongan dari teratak yang di tutup dengan kain hitam full. Jadi didalam terowongan ini bakal gelap dan sulit untuk melihat apa yang terjadi. Nah, di dalam terowongan ini lah ada panitia yang udah siap untuk melempari kami dengan tepung warna-warni.

Sebenarnya ide bikin terowongan ini muncul gara-gara di Banda Aceh ada larangan bikin acara color run. Nah kami kan cuma FUN RUN bukannya color run, jadi ga masalah. Walaupun pakai tepung warna-warni juga, tapi dilakukan di dalam terowongan untuk ‘kejutan’ saja.

Nah peserta yang udah penuh warna ini kemudian diarahkan untuk ngumpul di area penutupan acara Fun Run ini, yaitu di halaman belakang aula. Tiap peserta juga udah di bagiin bubuk warna dalam plastik. Dan setelah semua peserta tiba di belakang aula barulah kami mulai hujan warnanya.

taken by instagram.com/jstfira

habis kena warna



Ini angkatan 5 yang ikut lari





Tim Kreatif!





Sehabis numpang mandi di sekolah~ biar bersih


masih bersih~ angkatan 5!




Acara pun selesai, ada yang pulang, ada yang ga berhenti-henti foto terus, ada juga yang ngopi. Aku dan yang seangkatan milih ngopi. Kami ngopi dalam kadaan badan masih penuh dengan bubuk warna-warni, malah ada yang sampe jadi kayak warna hitam jorok gitu karena basah dengan keringat. Setelah istirahat itu barulah kami bubar.

Sorenya panitia harus balik lagi ke sekolah. Kami ngeberesin beberapa hal yang udah bisa langsung disiapin di hari itu terus. Terus pulang dan istirahat. Barulah besok paginya kami panitia kembali lagi ke sekolah dan mulai persiapan untuk acara GALA DINNER.

Jadi kami harus ngerluarin semuuuuuaaaaa meja dan kursi dari dalam kelas ke lapangan basket. Meja-meja itu kemudian di susun berkelompok sesuai rencana kami. Kami terus kerja ini itu dari pagi sampe akhirnya jam 3 an yang panitia dekorasi udah bisa bubar dan di serahkan ke panitia acara.

Sehabis Ashar, jam 4 lewat, acara formal pun dimulai.
Sumber: Instagram.com/nora.akhsa
Acara di hari terakhir, Minggu tanggal 26 Juli 2015 ini cuma dihadiri sama alumni dan guru/staff sekolah dan panitia dari OSIS. Acaranya berlangsung mewah dan sesuai harapan kami. Acara dinner ini kami lakuin di lapangan terbuka, di tengah-tengah sekolah. Panggung yang kami siapkan adalah ¼ nya panggung dari aula untuk penampilan akustikan dari tiap angkatan.

Ini mix semua angkatan, mulai dari 1 sampai angkatan 8


Angkatan 5!



Angkatan 5!















Creative Team All Star

Dekorasinya kira-kira begini:

Para tamu datang dari gerbang sekolah lagsung di sambut gapura kaki 4 yang dihias kain hitam dan putih dan lampu putih kecil-kecil; romantis. Masuk dari sana para tamu akan berjalan di tempat yang sehari-harinya adalah parkiran motor, malam itu kami bentang red carpet dan daun-daun kering di tebar secara rapi dipinggirnya. Mulai berjalan di red carpet, para tamu akan menjumpai enam buah bingkai foto yang dibariskan. Foto pertama adalah foto angkatan pertama. Foto keduan adalah foto angkatan kedua, foto yang diambil dengan fish eye dan angle tinggi, para siswa membutuk kata ‘2nd’. Foto ketiga para siswa membentuk ‘3rd’. Foto keempat ‘4th’, kelima ‘5th’, dan terakhir ‘6th’. Sebuah barisan foto yang menandakan bahwa alumni yang akan hadir adalah 6 angkatan ini. Berjalan dari sana akan ada backdrop ‘ala-ala grammy’ yang lebarnya 9 meter, jadi semua bisa puas foto ga harus ngantri dan juga bisa foto serame apapun.









Dari situ mereka kemudian masuk ke halaman sekolah dan melihat lapangan sudah penuh dengan cahaya dari lampu gantung dan juga penuh dengan meja-meja panjang bertaplakkan putih. Di sudut ada panggung akustikan. Para alumni bergantian menampilkan lagu-lagu. Saatnya makan-makan harus dimulai panggung juga istirahat, hanya terdengar suara musik ‘ala-ala restoran hotel’ dan layar proyektor yang terus memutar slide foto-foto jadul tiap angkatan. Setelah makan kemudian dilanjutkan dengan penampilan akustik lainnya.

Jadi beginilah, acara reuni akbar kami berjalan lancar. Aku merasa beruntung bisa terlibat langsung sebagai panitia di dalam acara yang sebesar ini.

Banyak hal bagus dari acara ini. Di acara yang pertama ini kami sudah membuat sebuah ‘standar’ untuk acara-acara selanjutnya. Selain itu aku juga yang awalnya tak pernah bicara dengan para abang-abang alumni kini juga sudah terbiasa. Yah banyaklah hal bagusnya dari acara ini.

Ohya, acara LAGP ini juga membuat banyak perubahan di ikatan alumni kami. Kami mulai membentuk ikatan yang benar-benar ikatan mulai dari sini. Kami juga memilih ketua alumni yang baru dan dilantik dihari kedua LAGP ini juga. Juga banyak hal-hal yang dulu saat alumni masih sangat sedikit kurang perlu di pikirkan, tapi sekarang dan yang akan datang jumlah kami akan terus bertambah, maka ikatan juga harus disesuaikan.

Kebetulan tanggal 27 Juli, yaitu besoknya adalah hari ulang tahun sekolah yang ke 10, jadi saat habis ashar tanggal 26 itu setelah acara obrol-obrol santai, kami juga adain acara tiup lilin dan lepas balon. Tiap-tiap orang megang satu balon putih yang pada hitungan ketiga kami lepas bersamaan, semua terbang tinggi dilangit bersamaan; ’Cet Langet!’.

‘Cet langet’ adalah bahasa aceh, secara kata artinya adalah ‘mengecat langit’ yang maknanya adalah sesuatu yang tak mungkin dilakukan, hanya sebuah mimpi. Kalau kata Mrs. Sullivan, donatur sekolah ini, terjemahannya adalah ‘Dreams dream’, memimpikan mimpi. Kata-kata ini terpampang jelas di aula sekolah kami. Mungkin dengan lepasnya balon-balon itu dari tangan para alumni, menandakan kami sudah mulai mengejar mimpi-mimpi kami, kami mulai mengecat langit, melakukan hal yang dulu saat masih sekolah dirasa tak mungkin.

Komentar

  1. "Jadi kalo di film-film aku ini kayak orang yang ngumpulin bos-bos besar di tiap daerah untuk ngejalanin satu misi besar: Dekorasi." Anjai ini bahahaha gue berasa lagi baca cerita bandit kelas ikan mujaer :v

    tunggu ini acara 2015? -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha

      iyaa, tahun lalu wkwkkw

      Hapus
    2. Gue kira ada postingan baru... kan kampret mulai kambuh lagi ini -..-

      Hapus
  2. Sekolahku belum lagi ngadain reuni akbar nih lumayan agak kangen sih sama suasana dulu waktu masih sekolah. Daaan liat foto-fotonya kaya seru banget gitu ya hihi

    widazee.blogspot.co.id

    BalasHapus
  3. Ecieeeee yang udah alumni
    wkwkwk

    Sekarang2 mah belum terasa kangennyaaa

    nanti deh, kalau udah pada wisuda atau kerja trus ngumpul lagi
    Bakal lebih gimanaaa gitu ^^

    Foto-fotonya bagus ki

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah iya.... ini juga udah mulai terasa bang

      alhamdulillah, makasih bang wkwk

      Hapus
  4. Wah seruuuuuu xD
    Naah yang begini kan positif..
    jadi enak deh ngeliatnya.
    jadi kangen masa sekolah dulu :/
    temen2 gue pada kemana yak...
    sejak kuliah udah gak kontek-kontekan lagi...
    beuh....

    BalasHapus
  5. Konsep Dekorasi nya sederhana tapi elegant,

    Sukses dah buat Gathering nya

    Salam

    BalasHapus
  6. Makasih min artikelnya bermanfaat.
    Ijin nambahin info ya min, baca juga deh Tips dan Trik Membuat Event Sekolahan

    Salam blogger min.

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentari



Pilih pada pilihan profil:

1. Name/Url jika tidak memiliki akun blogger.

2. Anonymous jika ingin memberi komentar dengan merahasiakan identitas.

3. Google Account jika kamu juga punya blog.

Postingan populer dari blog ini

Tes wawancara di SMA idaman. Plus tips.

Apa ini pacaran?

Tips buat anak SMP yang pengen populer di sekolah.