Skip to main content

Percaya Diri itu bagus, tapi kalo berlebihan.... ngga ada bagusnya!

Ya gak? ya kan?


kata T. M., kawan sekelasku yang punya mimpi jadi pilot, 
"biasanya, orang yang percaya diri itu nanti jadi orang sukses"
Nah, itu emang bener sih, tapi perlu diingat bahwa kita nggak boleh jadi orang yg terlalu percaya diri.
Mungkin ada yang masih ngga ngerti 'terlalu percaya diri' itu gimana, jadi aku kasi contoh aja ya :
Suatu ketika, sebuah sekolah mengadakan perlombaan band antar kelas. Lalu, sebuah kelas yang isinya adalah anak-anak muda kreatif dan imajinatif pun ingin berpartisipasi. Lalu, saat membentuk band, seorang anak berkata "aku saja yang jadi drummernya! aku jago!". Lalu semuapun ingin melihat kemampuannya. DAN saat di tes, ternyata oh ternyata.... DIA MAIN dengan TIDAK JAGO.
Atau contoh lain :
Suatu ketika, sebuah sekolah mengadakan perlobaan cerdas cermat agama antar kelas. Lalu, saat sebuah kelas sedang berdiskusi siapa yang akan mewakili kelas untuk lomba tersebut, seorang anak berkata dengan semangat 45 "aku mau ikut cerdas cermat! udah sering aku!". Dan semuanya percaya. Tapi saat di tes oleh teman-temannya dengan soal yang gampang.... Ia terdiam kaku. Maksudnya, ia tak bisa jawab.
 Nah ngerti kan maksudnya TERLALU percaya diri?
Maksudnya tuh gini, dia itu mau dan merasa bisa melakukan sesuatu, tapi ia bahkan ga sadar kalo dia itu sebenernya ga bisa...

Nah, sebenarnya aku juga punya teman yang sifatnya kayak gitu... Dan menurut aku ini tuh bukan sifat yang bagus.

Jadi akhir kata, terlalu percaya diri itu tidak baik.
Wassalam!

Comments

  1. setuju! yang berlebihan tu memang ga bagus...

    tapi kalo contoh yang diatas lebih tepatnya bukan terlalu percaya diri... tapi ga nyadar diri hehehe....

    lam kenal :)

    ReplyDelete
  2. T'llu p'cya diri tuu jelek mng. Beda dgn t'llu narziez. Klo t'llu narziez sih gag mslh.

    P'cya diri tuu seharusnya dilakukan tnpa b'lbihan sdkitpun.

    ReplyDelete
  3. @kak ega : iya ya haha

    @kak einid : iya kak, terlalu narsis sih ga apa2 ya ga ya ga? wkwkwk

    ReplyDelete
  4. haha.. itu namanya cari mati.. Percaya diri bukan berarti berani mati loh.. percaya diri : percaya pada kemampuan diri sendiri.

    lah kalo nggak bisa ngaku-ngaku bisa berarti itu melampaui keyakinan pada diri sendiri.. sombong donk jadinya..

    jadilah, hukuman orang yang sombong adalah : dipermalukan :P

    ReplyDelete
  5. UJUTES Brow!!!
    emang siy PD itu diperlukan BGT,,, tp gak bole OVER PD..Malaah bikin MASALAH BERAAT!!
    Hwehehee... MANTAAAFFF BGT Boss!!

    ReplyDelete
  6. terlalu percaya diri itu adalah proses pembelajaran yg ekstrim bgi yg melakukannya.. syukur2 klo dia mau blajar dr ksalahannya.. Klo ngga? Yah dy bkalan mnemui msalah yg sama terus menerus..

    Tapi kata pak mario (ak korban MTGW :P), orang yang tidak tahu bahwa ia akan gagal adalah orang yang akan mendapat sukses lebih cepat loh dibandingkan mereka yang takut memulai karena takut gagal.. Mungkin aja tuh orang pengen nyari pengalaman buat pembelajaran dia..

    Abg sih ngerti apa maksud pak mario, n mbenarkannya.. N ak jg ngerti maksudmu, namun ntah bgaimana aku tak bisa mnyalahkannya.. Hmm.. sesuatu banget ya cerita kamu ini ~_~b

    ReplyDelete
  7. nah gue setuju banget nih tumben otak lu bagus mikirnya. #kabur dari judulnya aja udah keren apa lagi artinya, catet juga. PD itu perlu tapi kalau terlalu PD bisa menimbulkan penyakit dibenci orang, bikin ilfil, serta buat orang muntah.

    ReplyDelete
  8. hui hui hui...

    makin matang saja kamu wahai anak muda.

    baguss baguss...

    *elus jenggot*

    P.S.
    Maaf ya baru sempat mampir sekarang.
    hehe :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentari



Pilih pada pilihan profil:

1. Name/Url jika tidak memiliki akun blogger.

2. Anonymous jika ingin memberi komentar dengan merahasiakan identitas.

3. Google Account jika kamu juga punya blog.

Popular posts from this blog

Pergerakan Konvergen Divergen dan Transform (Tugas Tektonofisik)

Pergerakan Konvergen Divergen dan Transform
M. Rizki Mufty, Aufaz Zihni, M. Haris Maulana Putra, Muhammad Jehan
Department of Mining Engineering, Faculty of Engineering, Syiah Kuala University, Banda Aceh
Abstract The earth on which we live is a planet that has a history of dynamic formation and has lasted for approximately 4.56 billion years with the discovery of the oldest rocks 4.3 billion years old. For billions of years, the Earth continues to change pretty extreme to this day and finally we can live comfortably on top along with other living beings. Even today, the earth still continues to change. Changes caused by various factors, both factors conducted by the earth itself and caused by the activities of living organisms, or as a result of the things that come from outside the Earth. One factor that is carried by the earth itself is due to tectonic plate movement (movement of divergent, convergent and transform).

Tes wawancara di SMA idaman. Plus tips.

Tanggal 25 Mei yang lalu, aku ikutin tes wawancara untuk penerimaan siswa baru di SMA 3.
Ya Allah.... Ngantrinya lama.... harus nunggu di panggil dari jam 8. Sementara aku itu siswa ke 46 di ruang wawancara itu.
Akhirnya aku dipanggil juga pas udah jam 10 lewat.

"M. Rizki Mufty, ada?" si Ibu Yang Mewawancarai (IYM) manggil ke arah kami semua yang ngantri. "Saya bu!" aku langsung duduk di kursi panas. Panas karena udah 40an orang duduk disini.

IYM : namanya M. Rifki Mufty?
Aku : M. Rizki Mufty bu... bukan Rifki...
IYM : oh.. yaya. Jadi, kamu dari SMP 1? (si IYM ngelirik ke simbol baju smp ku)
Aku : Iya bu...
IYM : Kenapa kamu memilih ke SMA ini? Kenapa bukan di SMA 1 yang ada di sebelah SMP kamu?


Tips : Kalo di tanya alasan memilih sekolah ini, jawablah dengan baik dan  pujilah sekolah tersebut dengan pujian yang masuk akal. Jangan jawab dengan jawaban yang aneh dan tak di mengerti, seperti : "Karena didekat sekolah ini ada yang menjual Pisang Goreng!".
Aku…

Contoh Penyimpangan sosial dalam masyarakat

Bulan puasa ini aku dapat tugas nyari Contoh-contoh penyimpangan sosial dalam masyarakat. Ini tugas IPS. karena Pr nya udah selese, maka di posting sini ajalah... kali aja berguna... dari pada disimpan di laptop selamanya, kan gak bakal betelor juga...

SELAMAT mngerjakan tugas!!!!


___________________________________________________________

Contoh Penyimpangan Sosial dalam Masyarakat

1. Penyimpangan Individual (Individual Deviation)

Penyimpangan individual merupakan penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang yang berupa pelanggaran terhadap norma-norma suatu kebudayaan yang telah mapan. Penyimpangan ini disebabkan oleh kelainan jiwa seseorang atau karena perilaku yang jahat/tindak kriminalitas. Penyimpangan yang bersifat individual sesuai dengan kadar penyimpangannya dapat dibagi menjadi beberapa hal, antara lain:

a. Tidak patuh nasihat orang tua agar mengubah pendirian yang kurang baik, penyimpangannya disebut pembandel.

b. Tidak taat kepada peringatan orang-orang yang berwenang di …