27 July, 2010

Mikroskop, Jenis-jenis Mikroskop, Bagian-bagian mikroskop, Cara kerja mikroskop, Sifat-sifat Bayangan, kesimpulan


Sebelumnya aku mau pasang gambar ini dulu...
Powered by BannerFans.com
Gambar diambil dari http://nadya-is-crazy.blogspot.com

yak, ini adalah postinganku yang ke 100. haha, akhirnnya setelah nge-bblog selama 1 tahun lebih, baru sekarang aku bisa mencapai 100. HUIKS.

Oh iya, udah isi polling yang di postingan sebelumnya? kalo belum silahkan klik disini.

huhu, karena judul yang aku pake sekarang itu adalah Mikroskop, aku mau posting tugas Fisika ku waktu kelas 2 SMP tahun lalu. Yang butuh, boleh copy yang aku posting dibawah. Oke, ini diaaaa...
Mikroskop, Jenis-jenis Mikroskop, Bagian-bagian mikroskop, Cara kerja mikroskop, Sifat-sifat Bayangan, kesimpulan

______________________________________________________


1.          Mikroskop

M
ikroskop adalah alat optik yang terdiri dari dua buah lensa cembung yang digunakan untuk mengamati benda-benda renik (sangat kecil) supaya terlihat lebih besar.

A.                 Macam-macam mikroskop

Mikroskop terdiri dari banyak macam di antaranya:
1)    Mikroskop sederhana:


2)    Mikroskop monokuler:

3)    Mikroskop Elektron:






B.                 Bagian-bagian mikroskop

Bagian-bagian Mikroskop ialah sebagai berikut :

Perhatikan Gambar 1.1
·        Lensa Okuler
·        Tabung Mikroskop
·        Tombol pengatur fokus kasar
·        Tombol pengatur fokus halus
·        Revolver
·        Lensa Objektif
·        Lengan Mikroskop
·        Meja Preparat
·        Penjepit Objek Glass
·        Kondensor
·        Diafragma
·        Reflektor/cermin
·        Kaki Mikroskop



C.                 Fungsi bagian-bagian mikroskop

1. Lensa Okuler
untuk memperbesar benda yang dibentuk oleh lensa objektif
2. Tabung Mikroskop
Untuk mengatur fokus, dapat dinaikkan dan diturunkan
3. Tombol pengatur fokus kasar
Untuk mencari fokus bayangan objek secara cepat sehingga tabung mikroskop turun atau naik dengan cepat
4. Tombol pengatur fokus halus
Untuk memfokuskan bayangan objek secara lambat, sehingga tabung mikroskop turun atau naik dengan lambat
5. Revolver
Untuk memilih lensa obyektif yang akan digunakan
6. Lensa Objektif
Untuk menentukan bayangan objektif serta memperbesar benda yang diamati. Umumnya ada 3 lensa objektif dengan pembesaran 4x, 10x, dan 40x.
7. Lengan Mikroskop
Untuk pegangan saat membawa mikroskop
8. Meja Preparat
Untuk meletakkan objek (benda) yang akan diamati
9. Penjepit Objek Glass
Untuk menjepit preparat di atas meja preparat agar preparat tidak bergeser.
10. Kondensor
Merupakan lensa tambahan yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya yang masuk dalam mikroskop
11. Diafragma
Berupa lubang-lubang yang ukurannya dari kecil sampai selebar lubang pada meja objek. Berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang akan masuk mikroskop
12. Reflektor/cermin
Untuk memantulkan dan mengarahkan cahaya ke dalam mikroskop. Ada 2 jenis cermin, yaitu datar dan cekung. Bila sumber cahaya lemah, misalkan sinar lampu, digunakan cermin cekung tetapi bila sumber cahaya kuat, misalnya sinar matahari yang menembus ruangan, gunakan cermin datar.
13. Kaki Mikroskop
Untuk menjaga mikroskop agar dapat berdiri dengan mantap di atas meja.

2.          Cara kerja Mikroskop

  • Lensa obyektif berfungsi guna pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan obyek sehingga dapat memiliki nilai "apertura" yaitu suatu ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen, sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah.
  • Lensa okuler, adalah lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung berdekatan dengan mata pengamat, dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif berkisar antara 4 hingga 25 kali.
  • Lensa kondensor, adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal.
Jika daya pisah kurang maksimal maka dua benda akan terlihat menjadi satu dan pembesarannyapun akan kurang optimal.


3.         Sifat Bayangan


B
aik lensa objektif maupun lensa okuler keduanya merupakan lensa cembung. Secara garis besar lensa objektif menghasilkan suatu bayangan sementara yang mempunyai sifat semu, terbalik, dan diperbesar terhadap posisi benda mula-mula, lalu yang menentukan sifat bayangan akhir selanjutnya adalah lensa okuler. Pada mikroskop cahaya, bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti bayangan sementara, semu, terbalik, dan lebih lagi diperbesar. Pada mikroskop elektron bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti gambar benda nyata, sejajar, dan diperbesar. Jika seseorang yang menggunakan mikroskop cahaya meletakkan huruf A di bawah mikroskop, maka yang ia lihat adalah huruf A yang terbalik dan diperbesar.

4.         Kesimpulan

M
ikroskop berasal dari bahasa yunani yaitu Micron = kecil dan Scopos = tujuan, adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata kasar. Ilmu yang mempelajari benda kecil dengan menggunakan alat disebut Mikroskopi. Dan kata Mikroskopi berarti sangat kecil (tidak mudah terlihat oleh mata).



Follow : @rizkimuft

15 comments:

  1. adikkuuuuuuuuuuuu terimakasih sudah menggunakan karya kaka untuk menandakan postingan ke-100 kamu^^

    makasih banyak info ttg mikroskopnya dek *spertinya sbntar lg bakalan ada test di lab kimia, hehoo*
    miss u so mucho adik2 kelaskuu
    (salam buat liza ya :p)

    ReplyDelete
  2. hahah, iya dong, kan karyanya bagus sekali.. haha

    wah, saya kira ga akan ada gunanya mosting ini kak haha

    ReplyDelete
  3. Izin Copy yha bg !!

    ReplyDelete
  4. Izin copy ya :D Aku ada tugas udah pusing nyari kebetulan dapet yang sekali nemu langsung lengkap

    ReplyDelete
  5. di copy ya kak :)
    ada tugas dari guru

    ReplyDelete
  6. Как говорилось на [url=http://www.soki.tv]Seexi.net[/url] Выбрала платье, но пока не решилась на покупку...
    Как считаете можно одеть с ним сапоги и какие будут уместны? или же оно более летнее?
    на халат не похоже? )))
    Вообще это из новой коллекции, но что-то меня останавливает.

    ReplyDelete
  7. @AnonimПривет благодарим Вас за посещение моего блога, как вы узнали мой блог?

    ReplyDelete
  8. izin copy ya bg..
    butuh bgt buat bikin pr..
    makasiih yaaa..:)

    ReplyDelete
  9. baguss blognyaa.. :) aku copyy yahh bt bkin laporann.. hehe

    ReplyDelete
  10. aq bisa ngerjakan tugas dgn sempurna

    ReplyDelete

Komentari



Pilih pada pilihan profil:

1. Name/Url jika tidak memiliki akun blogger.

2. Anonymous jika ingin memberi komentar dengan merahasiakan identitas.

3. Google Account jika kamu juga punya blog.